Posted in Mom Life

Anakku Tantrum, Bahayakah?

Sebagai seorang ibu, kita menginginkan anak-anak kita menjadi anak yang baik, tapi pernahkah suatu saat anak kita berteriak-teriak atau ngamuk-ngamuk gak jelas? Perilaku tersebut dinamakan tantrum.

Tantrum atau Temper Tantrum adalah ledakan emosi yang biasanya dikaitkan dengan anak-anak atau orang-orang dalam kesulitan emosional. Ditandai dengan sikap keras kepala, menangis, menjerit, berteriak, menjerit-jerit, pembangkangan, marah, dalam beberapa kasus mengarah kepada kekerasan (Watson, dkk, 2010). Sebenarnya tantrum ini perilaku normal bagi anak-anak rentang usia dua belas bulan hingga empat tahun, dan akan berkurang dalam frekuensi waktu tertentu.

Kenapa sih anak tantrum?

Biasanya tantrum digunakan oleh anak-anak untuk mengekspresikan perasaan mereka, untuk mendapat perhatian, atau mendapatkan hal yang mereka inginkan. Hal ini seringkali terjadi jika kemampuan verbal anak belum mumpuni. Dalam beberapa kasus, tantrum juga digunakan anak-anak untuk menghindari kegiatan yang tidak mereka inginkan.

Tapi mengapa tantrum juga terjadi pada balita kita yang sudah lancar berbicara?

Anak-anak usia balita yang mulai mengembangkan kemampuan verbalnya mungkin memiliki bahasa yang mumpuni untuk mengekspresikan keinginan mereka, namun mereka belajar bahwa tantrum adalah cara yang efektif untuk mencari simpati kita, atau menunda hal yang tidak mereka inginkan.

Apa yang harus kita lakukan jika anak tantrum?

Jika kita menghadapi anak yang tantrum, kita memiliki beberapa pilihan, di antaranya adalah:

  1. Abaikan perilaku anak.
  2. Meminimalisir perhatian terhadap tantrum dengan mengalihkan kepada hal positif.
  3. Menggunakan prosedur time-out.

Jadi mommies, tantrum itu gak berbahaya kok, tapi ingat, seiring berlalunya usia hingga beranjak remaja, jika tantrum tidak tertangani dengan baik dapat meningkat menjadi perilaku destruktif atau perilaku yang dapat membahayakan.

Advertisements

Author:

I am a lucky mother of Rafa and Sofia Alfarabi and lucky wife of Mr. Alfarabi who interest in childhood and adolescent world. I was studied Psychology and currently working in SMP Attahiriyah Cakung as Principal and Education Practitioner.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s